Jumat, 19 September 2014

KONSEP DASAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1

 
 
NAMA : BEATRIX YUNARTI MANEHAT
NIM     : 2013110009
PRODI : AKUNTANSI
 
 
1.Pengertian Akuntansi
Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan data kuantitatif,terutama yang mempunyai sifat keuangan,dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilih alternatif-alternatifdari suatu keadaan.
 
 2.Tujuan Laporan keuangan
Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan,kinerja,serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai(investor dan kreditur)dan pengambilan keputusan ekonomi
 
3.Perbedaan laporan keuangan dan Pelaporan keuangan 
Laporan keuangan terdiri atas neraca,laporan laba rugi,laporan perubahan modal dan arus kas,sedangkan dalam pelaporan keuangan memiliki ruang lingkup yang lebih luas dimana termasuk prospektus,peramalan oleh manajemen dan pengungkapan informasi lainnya.Laporan keuangan merupakan unsur utama pelaporan keuangan  
 
4.Kualitas Informasi akuntansi dalam SFAC No.2   
Pengambilan keputusan akuntansi –  Manfaat >Biaya – dapat dipahami – berguna untuk pengambilan keputusan – relevan (nilai prediksi,Feedback value,dan tepat waktu
–Dapatdipercaya (Dapat diperiksa,Netral,dan menyajikan yang seharusnya) –dapat diprbandingkan termasuk konsistensi –Materiality.  
 
5.  Karateristik kualitatif laporan keuangan menurut IAI
a).Dapat Dipahami
  Informasi yang berkualitas adalah informasi yang mudah dan segera dipahami oleh pemakainya. 
b)Relevan
  Informasi mempunyai kualitas relevan bila dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai.Relevansi informasi dipengaruhi oleh hakikat dan materialitas.
c)Keandalan
Suatu informasi haruslah andal.Yakni bebas dari pengertian yang menyesatkan,kesalahan material dan informasi yang disajikan secara tidak wajar.
d).Dapat dibandingkan
Pemakai harus dapat membandingkan laporan keuangan perusahaan antar periode untuk mengidentifikasi kecendrungan posisi dan kinerja keuangan.  

6. Asumsi dan Konsep Dasar 
Didalam menyusun prinsip akuntansi,digunakan asumsi-asumsi dan konsep-konsep dasar tertentu.
Asumsi dasar adalah aspek dari lingkungan dimana akuntansi itu dilaksanakan.
Ada beberapa asumsi dasar struktur akuntansi yakni :
1.Kesatuan usaha khusus.
Dalam konsep ini perusahaan dipandang sebagai unit usaha yang terpisah dari pemiliknya,maka transaksi-transaksi perusahaan dipisahkan dari transaksi pemilik. 
2.Kontinuitas usaha  
Konsep ini menganggap bahwa perusahaan akan hidup terus.Karena itu dibuat berbagai metode penilaian dan pengalokasian dalam akuntansi didasarkan pada konsep ini   
3.Penggunaan unit moneter dalam pencatatan.
Dalam konsep ini pencatatan transaksi menggunakan ukuran mata uang dari negara dimana perusahaan itu berdiri.  
4.Periode Waktu 
Konsep ini menekankan bahwa seluruh laporan keuangan harus diselesaikan tepat pada waktunya agar berguna bagi manajemen dan kreditur. 
 
7.Konsep Dasar 
  Konsep (Prinsip) dasar yang mendasari penyusunan standar akuntansi adalah :
1.Prinsip Biaya Historis
Prinsip ini menghendaki digunakannya harga perolehan dalam mencatat aktiva,utang,modal dan biaya.Dimana Harga Perolehan merupakan harga pertukaran yang disetujui oleh kedua belah pihak yang tersangkut didalam transaksi.
2.Prinsip pengakuan pendapatan.
Pendapatan adalah aliran masuk harat-harta(aktiva) yang timbul dari penyerahan barang atau jasa yang dilakukan oleh suatu unit usaha dalam suatu periode tertentu.Dasar yang digunakan untuk mengukur besarnya pendapatan adalah jumlah kas  atau ekuivalennya dari transaksi penjualan dengan pihak yang bebas
3.Prinsip mempertemukan
Berarti mempertemukan biaya dengan pendapatan yang timbul karena biaya tersebut.Prinsip ini berguna untuk menentukan besarnya penghasilan bersih setiap periode
4.Prinsip Konsistensi
Dalam prinsip ini pimpinan perusahaan bertanggung jawab atas laporan keuangan yang disusunnya.Dan agar laporn keuangan dapat dibandingkan setiap tahunnya maka setiap prosedur dan metode yang digunakan haruslah konsisten dari tahun ke tahun.
5.Prinsip  Pengungkapan Lengkap
Berarti menyajikan informasi yang lengkap dalam laporan keuangan.Karena informasi yang disajikan merupakan ringkas dari transaksi-transaksi dalam satu periode 
8.KETERBATASAN LAPORAN KEUANGAN 
1)Cukup Berarti
Istilah cukup berarti suatu laporan,fakta atau elemen dianggap cukup berarti jika karena adanya dan sifatnya akan mempengaruhi atau menyebabkan timbulnya perbedaan dalam pengambilan keputusan.
Pedoman umum untuk menentukan apakah cukup berarti atau tidak adalah
a)Aspek kuantitatif
  Berdasarkan jumlah absolut
b)Aspek kualitatif
  Mempertimbangkan karateristik lingkungan
2.Konservatif
Merupakan sikap yang diambil oleh akuntan dalam menghadapi dua atau lebih alternatif dalam penyusunan laporan keuangan.
 
3.Sifat Khusus suatu industri
Industri-industri yang mempunyai sifat-sifat khusus seperti Bank seringkali memerlukan prinsip akuntansi yang berbeda.Peraturan dari pemerintah terhadap industri membuat prinsip akuntansi tertentu berbeda dengan yang umum nya digunakan.

 

 
 

 

2 komentar: